ASANA/POSTUR

ASANA/Postur/posisi/sikap tubuh

Asana mempengaruhi setiap aspek diri seseorang baik secara fisik maupun mental. Selain menyeimbangkan kerja sistem kelenjar juga menstimulasi sirkulasi darah dan prana, merelakkan otot-otot tubuh dan meningkatkan daya konsentrasi serta pemusatan pikiran.

Asana melatih otot-otot untuk berkontraksi (bergerak), mengeluarkan cadangan gula dalam tubuh dirubah menjadi asam susu dan asam susu dirubah menjadi tenaga tambahan.

Selama melakukan asana disertai dengan pernapasan dalam maka darah banyak menyerap oksigen yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Selama melakukan asana tenaga lebih banyak dikumpulkan dari pada dipergunakan, sehingga tubuh penuh dengan energi vitalitas yang menyegarkan.

Keuntungan lain dalam melakukan asana dan pernapasan dalam adalah meningkatkan pengeluaran hormon tiroid yang berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh meningkat. Merubah massa lemak menjadi massa otot dan energi.

Berbeda dengan kegiatan olah raga lain seperti lari, aerobik, dan yang lainnya yang memacu paru-puru serta jantung bekerja semakin cepat untuk mendapatkan oksigen yang cukup dalam memehuni kebutuhan otot beroksidasi (pembakaran). Asam susu yang diproduksi dalam tubuh akan meningkat lebih banyak bahkan menumpuk pada otot, apabila olah raga dilakukan terlalu keras maka napas tidak akan terkendali sekalipun melakukan ‘napas dalam’ kebutuhan tubuh akan oksigen untuk beroksidasi tidak akan terpenuhi. Penumpukan asam susu dalam otot yang tidak terbakar ini akan menimbulkan kelelahan otot dan otot tersebut akhirnya tidak mampu lagi untuk berkontraksi atau mengalami kejang otot (kram).

Secara umum setiap asana dalam Hatha Yoga memberikan efek yang berbeda diantaranya :

  1. Postur Berdiri memberikan efek vitalitas.
  2. Postur Keseimbangan memberikan efek rasa ringan.
  3. Postur Duduk memberikan efek menenangkan.
  4. Postur Memutar bersifat membersihkan.
  5. Postur Menekuk Ke Depan memberikan efek menyegarkan otak.
  6. Postur Menekuk Ke Belakang menstimulasi sejumlah pusat tenaga.
  7. Postur Tertelungkup memberikan efek menguatkan.
  8. Postur Terlentang membantu beristirahat.
  9. Postur Terbalik menguatkan mental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: